CONSCIOUS HEALTH

Kuliah dijurusan Ilmu Gizi kasih aku banyak sekali manfaat terkait caraku melihat kesehatan bagi tubuhku sendiri, terutama berkaitan dengan pola makan. Dari semester awal sampai sekarang kita selalu diberi pemahaman bahwa nutrisi adalah fondasi dari segala fondasi dalam pembangunan bangsa. Bukan politik, bukan ekonomi, tapi nutrisi. Tanpa nutrisi semua hal itu nggak bisa berjalan dengan baik begitu juga sebaliknya.

Nutrisi yang baik juga pasti berperan ke kesehatan tubuh kita. Secara teori, sebagian besar orang tau itu tapi aplikasi nya gimana? Percaya deh, masih banyak banget yang belum bisa menjalankan pola hidup atau pola makan yang sehat. Aku aja yang belajar tentang gizi masih susah untuk menjalankan, kebawa kebiasaan dari kecil.

Conscious health.
Aku sadar pola hidup yang ku jalanin sekarang akan berpengaruh waktu aku tua nanti atau bahkan 5 tahun lagi. Aku mulai paham istilah you are what you eat itu benar adanya. Apa yang kamu makan sekarang menggambarkan kondisi kamu bakal seperti apa. Kalau kamu terbiasa makan/minum manis, jarang olahraga, suka makan/minum kemasan kemudian kamu sakit DM maka itu konsekuensi yang harus diterima karena pola makan mu yang tinggi gula, dan sejenisnya. Apa yang kita masukkin ke tubuh kita ini ya menggambarkan ke depannya gimana.

I am proud for myself, back then when I lived in Netherlands (but now I am not *cry*)
Tinggi badanku sekitar 163 cm dan selama 6 bulan tinggal berat badan naik jadi 51 kg.
I drank milk everyday, I ate fruit every morning or if I craving for some snacks, I did exercise 2-3 times a week, I walked and cycled to any place I need to go, I drank less coffee and tea, I ate veggies regularly. Pola hidup yang sehat ini membuatku gained weight, which is a really good thing for me!

Dulu kaget banget karena bisa naik 5 kg dan sempet nggak suka karena terlihat gemuk sekali. But when I saw myself in the mirror, I looked healthier and happier. Teman-temanku juga senang melihatku yang terlihat lebih segar dan lebih berisi, karena selama ini aku terlalu kurus kering kerontang lol. I started to embracing this new weight of me.

But...
Sepulang dari sana, sekitar 3-4 bulan kemudian mulai semakin kurus dan terus terjadi berbulan-bulan kemudian. Baru kembali menimbang sekitar 5 bulan setelah pulang aaand BAM! I drastically lost my weight, now I'm back with my 47 kg body. Dan tiap bulannya kaya turun sekitar 300-400 gr dan sekarang setelah 14 bulan balik berat badanku 45-46 kg.

Then, I started to reminisce what I did that made me lost weight banyak banget.
  1. I think too much, terlalu banyak work pressure yang membuatku lumayan terbebani jadinya pola makan kembali kacau alias asal makan yang penting kenyang. 
  2. I did not exercise at all! 
  3. Pola makan nggak seimbang, jarang makan buah dan sayur seringnya karbo
  4. I ate junk food much more than I did when in NL 
  5. Pola tidur bablasss nggak karuan lol
  6. aaaand I drank so many coffee and tea. Hampir setiap hari aku minum kopi dan teh, bukan untuk tahan rasa kantuk tapi aku suka aja dengan rasanya ; bikin relaks.
Menurutku yang bener-bener kasih pengaruh besar adalah nomor 1 dan 6. Akar dari segala masalah pola hidup tidak sehatku. Karena stres itu bikin nggak nafsu makan yang berimbas ke sering minum kopi & teh, makan nggak teratur, tidur nggak karuan. 

Daaaan 2 bulan ini mulai kerasa nggak enaknya. Nggak bisa dijelaskan tapi berasa nggak nyaman aja sama tubuh sendiri. Kayak kurang fresh dan bawaannya capek mulu, ngaruh ke produktivitas sih. 

Now I'm starting to repair my habits *sobs* 
  • I try to drink less coffee and tea tapi sekarang I have coffee di sebelah laptopku saat ini hehe *cheat setelah beberapa hari nggak minum* 
  • I try to eat regularly and mainly main dishes bukan snack 
  • Eat less makanan micin like indomie, lays, chitato etc 
  • Not to think too much (YOU GO GIRL!)
  • Have a steady schedule so I can manage my daily habits 
  • and the list goes on
Tapi yang terpenting buatku adalah gimana caranya mengatur jadwalku sih karena itu berpengaruh ke kebiasaan secara keseluruhan; pola makan, pola tidur, kedisiplinan dll. Dengan keinginan dan tekad yg kuat semoga aku bisa membenahi pola hidup ku, yashhh! optimistic indeed -- demi masa depan dan masa tua yang lebih sehat lol sounds cringy but it's tru tho


my (always) messy table

No comments:

Post a Comment

Calista Segalita. Powered by Blogger.