BEING A LOCAL FOR A MONTH : TULUNGAGUNG

Ranu Gumbolo, Tulungagung
Tulungagung jadi tempat tinggal sementara dari September - Oktober kemarin.
Karena sudah semester 7 jadi waktunya magang! Magang kemarin magang kedua dari tiga magang yang harus dijalankan selama masa studi, magang kedua ini bertema gizi masyarakat. Ya kayak namanya, kita mengabdi ke masyarakat. Dari hasil kocokan para dosen, kelompokku dapat di Tulungagung, yay! Nah di magang gizi masyarakat ini kita ditempatkan di puskesmas di tiap kecamatan pilihan, kecamatan yang aku tempati adalah kec Ngunut, aku dan dua temenku bertugas selama sebulan di poli gizi di Puskesmas Ngunut.

Kalau kata orang asli sana, Ngunut sendiri sudah seperti kota dan lebih maju dibanding kec lainnya. Memang bener sih, Indomaret, Alfamart, toko buku, toko baju dsb lumayan banyak dan accessible. Tapi Ngunut ini lebih deket ke Blitar daripada ke Tulungagung, jadi selama magang kita jarang ke Tulungagung karena jauh sekitar 45 menit.

Calista nggak seberapa tahu peta Jawa Timur jadi letak - letak Tulungagung, Kediri, Trenggalek dsb nggak tahu disebelah mana nya Surabaya. Belum pernah ke Tulungagung juga, kirain deket gitu ya naik kereta 3 - 4 jam eee ternyata lama juga, 6 jam, kalau deket kan bisa ya weekend selalu pulang~

Tulungagung sendiri not bad!
Makanannya murah, enak, dan banyak macam, banyak destinasi wisata alam, dan yang penting nih, nggak sepanas di Surabaya. Akhir bulan Oktober kemarin sering hujan, adem deh.
Tapi yang kurang dari kota ini adalah transportasi umum. Becak atau bemo sama sekali nggak ada, adanya cuma bis damri antar kota. Itupun jamnya nggak pasti dan selalu nggak on-time. Sekali jalan lima ribu, tergantung jarak, iyasih murah tapi kalo bolak balik kan lumayan juga. Dan nggak ada gojek, uber dkk pula adanya Om-Jek, gojek versi Tulungagung, tapi armadanya masih sedikit dan mahal. Kita sendiri bawa 1 motor karena yang bisa bawa cuma 1 anak dan peraturan dari kampus maks tiap kelompok bawa 1motor aja.

Keseharian sebenernya bland aja, kita kerja di puskesmas sampai sekitar jam 12 - 1 terus balik ke rumah. Keluar cuma buat cari makan. Tiga hari pertama nggak betah 😂 pengen pulang, karena super bosen, tv isinya tv lokal semua acaranya gitu gitu aja. Hari Sabtu minggu pertama kita pulang buat ambil beberapa barang tapi setelah itu nggak pulang - pulang lagi. Puncak kebosanan di minggu ketiga, udah nggak tau mau cari hiburan apalagi. Di rumah udah sambaaaat mulu. Mau pulang males karena capek di jalan, di Surabaya juga nggak sampe 24 jam udah harus balik lagi. Kalo mau keluar juga nggak ada transport alhasil di rumah aja, nyicil laporan atau do something yang menghibur lah.

Di puskesmas ngapain aja sih? Karena kita anak gizi jadi kita kerja di poli gizi, ke posyandu, sosialisasi, input data dsbnya. Asik kok but not my thing. Orang - orang di puskesmas nya baik - baik, awalnya takut senioritastapi nggak samsek! Apalagi ibu pembimbing ku, bu Indah, baik banget. Beliau kepala gizi di puskesmas dan udah kerja 15 tahun disana all alone. Keren banget doi, sangat humble tapi semua kerjaan beres. Puskesmas Ngunut ini masuk puskesmas berprestasi lho! Kelihatan sih, semua pekerja nya tuh rajin dan kerjanya bener & beres semua. Bahkan nih, waktu kita dateng, bu Indah bingung mau kasih kerjaan apa saking semua kerjaan di poli gizi udah kelar semua.

Salah satu kegiatan; muke tidak terkontrol
Selama kerja, kita santai banget bahkan terlalu santai dibanding kelompok magang lainnya. Ketika yang lain strict ini itu, kita bahkan bisa youtube an di ruang kerja. Bu Indah gaul! Dia tau lagu - lagu hits luar negeri macam Sam Smith, Adele dkk. Jadilah di laptop beliau aku install Spotify dan setiap hari di ruang kerja kita nyetel lagu dari situ. Satu lagi nih yang bikin nyambung, ibu nya tuh tau dan suka lagu - lagu lawas kayak Scorpion, Mr. Big, Aerosmith, Rolling Stone bahkan Red Hot Chilli Peppers!!! Kalo nyetel lagu - lagu itu kita berdua nyanyi bareng 😂



Nggak bisa berhenti ketawa, kocak abis nih si ibu
Di hari Minggu terakhir, h-1 presentasi mam&pap dateng untuk ambil barang sekalian jalan - jalan. Finally keluar rumah! Kita pergi ke Alun - Alun Tulungagung, cari makan, dan ke Ranu Gumbolo.

Makanan khas Tulungagung sendiri ada ayam lodho dan lontong tahu. Ada satu tempat makan terkenal namanya Sop Ayam Bu Sumirah, kita makan di situ dan memang enak sih, hampir mirip Sop Ayam Pak Min. Lontong tahu nya juga lumayan enak dan murah cuma 8 ribu.

Ranu Gumbolo ini tempat wisata alam deket Waduk Wonorejo, semacam hutan kecil yang ada danaunya. Not bad untuk lihat - lihat tapi waktu datang kemarin lagi rame banget. Short trip yang sangat - sangat nambah semangat, stress reliever karena besoknya harus presentasi, dan pemecah kebosanan.

Harvest Moon: Back to Nature

DI hari terakhir, hari Senin kita semua presentasi di Dinas Kesehatan Tulungagung. Nailed it. Lancar, nggak setegang yang dibayangkan dan dapat respon positif juga. Sedih sih harus ninggalin bu Indah tapi Surabaya menunggu! 🤗
Terima kasih banyak bu Indah, you rock bu
Tulungagung was fun, will come again  ke tempat yang belum aku explore.
See you someday soon 🙌🏻


Ps. Wish me luck for the next internship: magang klinis di RSI Jemursari

Regards,
Me 🌸

No comments:

Post a Comment

Calista Segalita. Powered by Blogger.