AWAL MULA PAKAI JILBAB

Tahun 2017 menandakan kalau sudah 7 tahun sejak pertama kali memutuskan untuk pakai jilbab. Aku mulai pakai jilbab di akhir masa kelas 3 SMP tepatnya setelah pondok ramadhan (inget banget kan!)

Kenapa sih mau pakai jilbab? Awal mula pakai jilbab gimana? Rasa nya setelah pakai jilbab gimana? Dan pertanyaan - pertanyaan lainnya yang lumayan sering ditanyakan pada masa awal berjilbab dan baru - baru ini muncul lagi ketika jadi tempat cerita temen yang mau berjilbab.

---

Alasan perempuan memutuskan untuk berjilbab kapan dan kenapa itu bermacam-macam. Menurutku, terserah dimulai dari alasan apa yang penting ketika udah pakai jilbab itu harus banget istiqomah. Bukan copot pasang jilbab seenaknya.

Sering banget, banyak orang yang ngerasa susah untuk memutuskan atau memulai berjilbab. Alasan klasik pertama adalah karena belum siap terutama karena sifat masih jelek dan nggak cocok pake jilbab, dst dst dst. Terus mau kapan? Tunggu kita udah baik banget? Emang standard sifat yang udah cocok pake jilbab gimana sih? Keburu kitanya udah dipanggil duluan sih hehe..

Menurut pengalamanku, ketika sifat kita masih kurang baik, jilbab lah yang jadi penuntun ke arah kebaikan itu. Ketika kita pake jilbab, setidaknya, jadi sadar diri dan menjaga sifat - sifat yang sepatutnya dilakukan. Ada temen SMP, dia cerita kalau mau berjilbab pas kelas 3. Eh ternyata nggak jadi. Cerita lagi, pas SMA mau pake, eh nggak jadi lagi. Akhirnya alhamdulillah dia pake waktu kuliah, the point is yang penting dari awal kita udah ada niat dulu, terwujudnya kapan itu terserah pribadi kalian, karena proses tiap orang beda-beda.

---

Struggle awal mula perempuan berjilbab itu macam - macam. Salah satu yang sering banget menjadi bahan pertimbangan adalah nanti kalau pake jilbab, jadi kurang cantik. Rambut nggak bisa diurai atau diutak-atik lagi. Nggak bisa pakai baju - baju pendek dsb. Wajar kok.

Waktu itu, awal mula aku pake jilbab cuma karena lagi bad hair day wkwkw cetek banget ya.
Saat itu lagi di mobil sepulang dari pergi jalan-jalan sm keluarga. Sepanjang jalan-jalan itu aku udah ngerasa nggak nyaman banget sm rambutku, nggak banget lah dan ngerasa jelek. Kemudian, langsung nyeletuk aja ke mama, "mah besok aku ke sekolah pake jilbab ya?"

...and that's it. besoknya ke sekolah langsung pake jilbab. Alhamdulillah. Ya respon temen - temen positif semua, banyak yang kaget kok mau pake jilbab dsb. Guru-guru juga pada kaget tapi ikut seneng hehehe. I felt blessed. Setelah pake jilbab itu temen-temen jadi termotivasi juga untuk berjilbab.

Alasannya sederhana ya? Semenjak aku pakai dari hari itu, alhamdulillah nggak pernah lepas. Karena aku pikir kan udah pake tuh ya malu sama Allah, masak nggak konsisten sih. Malu juga sih sama temen-temen, udah pake jilbab kok masih lepas-lepas gitu.

Jadi terkadang nggak perlu alasan yang muluk-muluk untuk mulai pakai jilbab. Asal istiqomah.

Gimana rasanya? rasanya setelah berjilbab... adem hehehe.
Nggak tau ya, ini tuh nggak bisa dijelasin gitu. Tapi setelah pake jilbab rasanya adem aja kaya jd lebih tenaaang. I dont even know tenang dalam bentuk apa ini.

---

Peran orangtua disini berperan cukup besar buatku. Mereka berdua mendukung bahkan memang sudah menyuruhku berjilbab ketika masuk SMA. Karena kedua kakakku sudah mulai pakai jilbab sejak masuk SMA. Kata mama dimanapun SMAnya even itu sekolah non muslim tetep harus pakai jilbab. Yaa alhamdulillah, ketika aku memutuskan pake jilbab itu murni nggak ada paksaan dari kedua orangtua. Waktu aku berjilbab, mama jadi suuuper seneng karena akhirnya ketiga putrinya berjilbab semua. Aku bukan muslimah yang alim-alim banget tapi aku selalu berusaha tetep jalanin perintah-perintah Allah walau banyaaak banget godaan - godaan setan ðŸ˜‚

Pernah ada keinginan untuk lepas jilbab? Pernah ada. Kalau pas rambut lagi on fleek itu tuh rasanya pengen pergi nggak pake jilbab atau foto-foto terus di post. Pernah kok pernah. Aku pernah melewati fase-fase seperti itu hehehe.

---

Buat temen - temen disana yang masih ragu buat pake jilbab, don't be! Semua keraguan-keraguan itu coba dipikir dan dibandingkan dengan pahala yang nanti bakal didapet. Tanya ke temen-temen, orangtua dan yang pasti shalat kalau masih ragu. Tapi kalau kasusnya sama kayak aku alias no worries at all, pakai aja! Asal istiqomah. Jangan copot pasang jilbab hehehe.

Tapi apapun alasan atau keputusan kalian untuk berjilbab jangan lupa untuk diniatin awal atas nama Allah ya! Biar nanti kebelakang nya akan tetep istiqomah karena Allah nggak bakal kemana - mana.

x

Jilbab in every places and every time

No comments:

Post a Comment

Calista Segalita. Powered by Blogger.